Sabtu, 16 September 2023

RAKERANCAB PERGUNU TANGGUL

PERGUNU Tanggul
Dok. PERGUNU Tanggul

Tanggul. Untuk kesekian kalinya PERGUNU Tanggul mengadakan RAKERANCAB yang dilaksanakan pada hari ahad legi, 1 Rabiul Awal 1445 H / 17 September 2023 bertempat di Kediaman Syaifudin Zuhri Krajan Desa Darungan Kecamatan Tanggul Kabbupaten Jember Propinsi Jawa Timur. Agenda ini guna menganalisis Perkembangan Organisasi sekaligus penyetoran Penulisan KTI/sejenis yang telah di rencanakan akhir tahun kemarin.

Dalam mukaddimahnya, PERGUNU Tanggul, Syaifudin Zuhri. “memohon masukan dari peserta dalam hal apapun, khususnya yang berkaitan dengan agenda kali ini, tentu masukannya berdasarkan fakta dan data yang nantinya di susun pemetaan.” Ujar guru MI Negeri 6 Jember ini.

Beberapa keputusan telah diambil. Yakni: 1) mempertegas kembali hasil musyawarah tentang Pengurus / Anggota yang tidak aktif kegiatan (secara fisik); 2) Pengendalian Organisasi; dan 3) melanjutkan program penulisan KTI, artikel, opini, biografi dan yang sejenis.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ust. Mohamad Naim (Tanggul Wetan); Mokhlas Adi Putra (Tanggul Wetan); Ust. Ahmad Zainuddin (Tanggul Wetan); Imroatul Azizah (Tanggul Wetan); Hafit Dwi Sinatriya (Klatakan); Syaifudin Zuhri (Darungan); Ust. Holil Nawawi (Darungan); Ike Sri Haryanti (Darungan); Samsul Huda (Klatakan); Susiyati (Darungan); Halimatus Sa'diyah (Darungan).

Kita ketahui bersama, dalam waktu 3 bulan sejak Juli – September 2023 ini telah selesai perhelatan Musyawarah Ranting (MUSRAN) NU sejumlah 12 Ranting. Dengan selesainya MUSRAN NU tersebut tentu ada implikasi terhadap BANOM NU di Wilayah Kecamatan Tanggul salah satunya Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU). Beberapa personel civitas / aktivis PERGUNU Tanggul di percaya nahdliyin (melalui MUSRAN/Musyawarah) memangku posisi strategis, mulai Rais Syuriyah sampai Wakil Sekretaris. Hal ini membuktikan, PERGUNU Tanggul masih bernilai jual cukup tinggi ditengah-tengah masyarakat, namun ini menjadi “tantangan” tersendiri baik internal maupun eksternal PERGUNU Tanggul (selanjutnya di lain topik).

FUNGSI ORGANISASI NAHDLATUL ULAMA (NU) DI MASYARAKAT PEDESAAN (Artikel)

Fung s i O rganisasi Na h dlatul Ul a m a ( N U ) di Mas y arakat P e des a an Oleh : Mokhlas Adi Putra, S.Pd.I. *)   N a hd lat ul U la ...