Kamis, 01 Juni 2023

DISKUSI CIVITAS (JUNI 2023)

Dokumentasi PERGUNU (Juni 2023)

TANGGUL. Perhelatan rutinan PERGUNU Tanggul kembali dilaksanakan sebagai wujud menjalankan amanah Program Kerja Integrasi (PIK) PERGUNU Tanggul masa khidmat 2020-2025. Pertemuan kali ini digelar pada hari Kamis Pon, 12 Dzulqo'dah 1444 H / 1 Juni 2023 M di Kediaman Bapak Muhammad Musdar dengan agenda Penguatan Spiritual dan Diskusi internal.

Adapun penguatan spiritual diisi dengan Tawassul dan Tahlil umum oleh Ust. H. Zainul Ridlo, sedangkan pembacaan surat Yasin dipimpin oleh Ust. Ahmad Zainuddin, acara spiritual  ditutup dengan doa oleh Ust. M. Idrus Fadrozi.

Agenda inti atau musyawarah, diskusi, lain-lain dipimpin oleh Ust. Holil Nawawi yang juga Koordinator Tim Program Tulis Menulis (KORTIM PTM), kedepan akan bertemu dengan agenda tulis menulis tentang cerita/opini/ilmiah/lainnya rencananya bertempat di lokasi sekitar Wisata Alam Antrogan, Manggisan. Agenda ini lanjutan dari PTM sebagai bagian tak terpisahkan dari program kerja PERGUNU Tanggul masa khidmat 2020-2025.

Arahan Ketua PERGUNU Tanggul, Syaifudin Zuhri. “Bagi yang belum ngisi biodata dan atau tidak aktif partisipasi kegiatan, Kita masih memberi kesempatan sampai waktu pelaksanaan pertemuan PERGUNU bulan depan. Bila masih tetap tidak aktif, tanpa keterangan syar’i dan ketentuan lainnya, kita ambil langkah sesuai regulasi yang ada (PD/PRT, PPAC, dan ketentuan lain)”. Lanjut Ketua, “menegaskan kembali, dalam kontestasi politik eksekutif dan legislatif. civitas PERGUNU Tanggul berkewajiban bersikap arif, bijak dan menyejukkan di medsos dan masyarakat. Termasuk momen-momen lain. Seperti pilkades, dan pemilihan-pemilihan apa saja”. Lain-lain dapat dilanjutkan di Grup ya. Pungkas Ketua yang juga guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember ini.



Untuk Program Tulis Menulis telah banyak masukan (internal dan eksternal) baik dari segi tata cara penulisan, jenis sampai publikasi, yang dilakukan baik dalam pertemuan maupun di WA grup PERGUNU Tanggul, semuanya kembali kepada civitas bagaimana komitmennya kedepan. Dalam rangka mewujudkan One Teacher One Writing (satu guru satu tulisan), sementara yang telah mengirim tulisannya: Syaifudin Zuhri, Abdul Gafur, Holil Nawawi, Yustiana Febrian Rosayanti dan Umam Akbar Widiansyah.

Hadir dalam pertemuan ini, Ahmad Zainuddin, Syaifudin Zuhri, M. Idrus Fadrozi, Holil Nawawi (Karanganyar, Darungan); Abdul Gafur, Lilis Indrayani, Mokhlas Adi Putra, Usik Ujiati, Zul Fahmi Eka Wijaya, Muhammad Musdar, Halimatus Sa’diyah, H. Zainul Ridlo, Hoiruddin, Ahmad Muhib Habibi, Imam Ghozali.

 

Informasi tambahan: tahun 2023 ini ada agenda: KONFERENSI MWC NU Tanggul dan Musyawarah Ranting NU se-MWC Tanggul; selamat berdemokrasi.


FUNGSI ORGANISASI NAHDLATUL ULAMA (NU) DI MASYARAKAT PEDESAAN (Artikel)

Fung s i O rganisasi Na h dlatul Ul a m a ( N U ) di Mas y arakat P e des a an Oleh : Mokhlas Adi Putra, S.Pd.I. *)   N a hd lat ul U la ...